Bull Mooses Strikes Back BERITA INTERNASIONAL Seorang Ayah Tega Menggelapkan Donasi Untuk Pengobatan Anak

Seorang Ayah Tega Menggelapkan Donasi Untuk Pengobatan Anak

Seorang ayah warga negara Brasil ramai mendapat kecaman setelah ketahuan mencuri uang yang dikumpulkan dari para donatur untuk pengobatan anaknya. Ironisnya dana tersebut habis untuk berfoya-foya bersama PSK dan membeli narkoba. Ayah keterlaluan tersebut adalah Mateus Alves yang seorang pengangguran dan diketahui sudah menggelapkan uang donasi sebesar 130.000 poundsterling, atau setara 2,2 miliar.

 

Dana tersebut seharusnya digunakan untuk membiayai pengobatan anaknya, Joao Miguel. Sebagaimana dilansir Daily Mirror (2/8/2019), anak ini menderita atrofi otot tulang belakang (AME) atau penyakit neuromuskuler degeneratif yang cukup langka.

Hingga saat ini ibu anak itu bersama keluarga dan teman-temannya  telah mengumpulkan dana bantuan hingga mencapai 216.000 poundsterling, atau sekitar 3,7 miliar rupiah. Uang donasi itu sedianya akan digunakan pengeluaran hk 2020 untuk membeli obat yang harganya sangat mahal.

 

Uang yang dikumpulkan dari sumbangan itu hendak diperuntukkan membeli tiga dosis Spinraza (Nusinersen, satu-satunya jenis obat yang direkomendasikan untuk mengatasi AME.

 

Setiap dosis obat tersebut berharga 81.000 poundsterling atau 1,4 miliar rupiah, dan Joao memerlukan paling tidak enam suntikan pada bagian di dekat sumsum tulang belakangnya.

 

Obat tersebut menjadi mahal karena tidak dapat ditemukan di dalam negeri atau dinas kesehatan Brasil. Joao yang berasal dari Salvador tersebut diketahui masih berusia 19 bulan.

 

Alves, sang Ayah ditangkap di suatu hotel di Salvador pada tanggal 22 Juli. Di sinilah Alves yang mempunyai 2 anak ini bersembunyi dari buruan pihak berwajib. Kepala Polisi Daniel Gomes mengatakan bahwa saat ditangkap, Alves mengaku bahwa uang donasi yang dicurinya itu dihabiskan untuk bersenang-senang bersama PSK, membeli narkoba, dan alcohol.

 

Selain itu Gomes menambahkan bahwa Alves mengklaim dirinya juga terlibat hutan kepada pengedar narkoba serta menjadi korban pemerasan. Terkait hal itu Gomes mangaku jajarannya belum memiliki bukti.

 

Dalam penyidikan hingga hari Kamis (1/8/2019) lalu oleh jajaran kepolisian, terbuka motif lain Alves menggelapkan uang donasi tersebut, yaitu rencananya membuka rumah bordil bersama seorang dengan teman wanitanya.

 

Untuk maksud tersebut pria berusia 37 tahun itu telah “berinvestasi” sebesar 10.800 poundsterling, atau sekitar 186,8 juta rupiah. Dana tersebut dia serahkan kepada calon partner bisnisnya tersebut.

Kepala polisi juga menyatakan saat anak buahnya menggrebek hotel persembunyian Alves tinggal, ditemukan beberapa barang mewah mulai dari arloji, parfum, perhiasan, serta fashion item rancangan desainer.

 

Sang istrinya, Karine, yang sangat terkejut mengaku tidak menduga sang suami sanggup melakukan hal itu. Pasalnya dalam keseharian dia terlihat sangat sayang dan perhatian kepada kedua anaknya.

Pada akun Instagram pribadinya, Karine mengunggah sebuah kalimat yang mengharukan. Dia mengatakan bahwa dirinya menggalang donasi karena berdasarkan niat baik dan berusaha untuk menyelamatkan buah hatinya.

 

Berbagai pihak pun mengungkapkan keterkejutan sekaligus kegeraman mereka. Victor Bagy, si penjaga gawang Atletico Mineiro termasuk mereka yang mengecam perbuatan Alves. Diketahui yang bersangkutan turut berpartisipasi pada program donasi tersebut dengan melelang salah satu kausnya untuk mendapatkan donasi demi pembelian obat bagi Joao.

 

Alves kini harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Pria tersebut dijerat pasal penipuan berkedok meminta donasi dengan memanfaatkan anaknya yang sakit parah tapi malah menggunakan uang tersebut untuk hal lain. Selain itu dia juga terbukti telah melarikan diri dari keluarganya dengan meninggalkan istri serta kedua anaknya. Ancaman hukuman bagi Mateus Alves adalah kurungan penjara selama lima tahun.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *